Gold Investment

Emas Sebagai Penjaga Nilai (2)

Pada tulisan saya sebelumnya Harga Emas Bukan Segalanya, dimana pada artikel tersebut dikutip pendapat dari James Turk mengenai harga Emas. Pernyataan tersebut pada buku Dinar The Real Money mengundang pertanyaan kritis dari guru Emas saya Bapak Muhaimin Iqbal, saya kutip sebagai berikut:

Saya tertarik dengan penjelasan tersebut (baca artikel Harga Emas Bukan Segalanya); tetapi kalau saya membeli Emas 1 troy oz awal 2008 US$ 1.000 kemudian dua tahun lagi ternyata harganya tinggal US$ 500 mengapa saya tidak merasa nyaman dengan kondisi ini? Tentu karena yang terjadi adalah sebaliknya, Anda membeli Emas 1 troy oz US$ 280 pada tahun 2000 dan awal 2008 menjadi US$ 1.000 maka Anda merasa nyaman, tetapi hidupkan tidak selalu demikian?

Jawaban dari James Turk sungguh menarik:

Anda berpendapat demikian karena Anda melihat Emas dari prespektif seorang pedagang, yaitu satu-satunya keuntungan Anda adalah ketika harganya naik. Padahal Emas lebih dari sekedar ‘uang’, banyak manfaat lain dari kepemilikan Emas secara fisik. Berikut hanyalah beberapa:

1. Tidak Ada Counterparty Risk Dalam Emas.

Ketika Anda memegang Emas, Anda memegang Tangible Asset yang tidak tergantung pada orang lain. Tangible Asset dalam genggaman Anda ini menjadi semakin penting pada saat krisis keuangan melanda. Tanyakan pada orang yang menaruh uang di Lehman Brothers (Amerika) misalnya. Juga pada orang yang mengalami krisis finansial yang serius di negaranya, maka Anda akan tahu betapa pentingnya Tangible Asset berupa Emas ini.

2. Konsistensi Daya Beli
.

Katakanlah harga Emas turun menjadi US$ 500/troy oz dua tahun lagi, pastilah harga komiditi yang lain seperti gandum, minyak, dsb juga ikut turun. Statistik berabad-abad (dalam Islam sudah terbukti lebih dari 14 abad) menunjukkan adanya korelasi yang nyata antara harga Emas dengan harga komoditi-komoditi yang dibutuhkan manusia. Jadi seandainya harga Emas turun, Anda juga tidak mengalami penurunan dalam kemakmuran Anda, karena Anda akan tetap dapat membeli barang-barang kebutuhan Anda dengan jumlah Emas yang sama.

3. Tidak Tergantung Pada Keputusan Pemerintah
.

Beda dengan Uang Kertas yang nilainya bergantung pada keputusan pemerintah dan birokrat masing-masing negara, Emas nilainya sama sekali tidak bergantung mereka. Dengan memegang Emas, Anda tidak perlu mencemaskan keputusan Pemerintah Anda tentang suku bunga dan sejenisnya.

4. Asset Yang Berada Di Luar Sistem Perbankan
.

Dengan Emas Anda berkesempatan untuk memiliki aset yang di luar pengaruh sistem perbankan sama sekali. Kita tahu bahwa perbankan di seluruh dunia tanpa terkecuali negara maju sekalipun selalu dihantui krisis dari waktu ke waktu. Dengan Emas Anda akan terbebas dari pusaran krisis perbankan yang bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Bagi Anda yang umat Islam yang rajin membaca kitab-kita ulama kita berabad-abad silam, apa yang diungkapkan James Turk tersebut di atas sebenarnya bukan sama sekali baru… (Muhaimin Iqbal)

sumber: http://www.semuasaudara.com/emas/2009/04/emas-sebagai-penjaga-nilai-2/